Kurma Untuk Luka Radang

Kurma Untuk Luka Radang

Kurma Untuk Luka Radang-, Kurma merupakan tanaman palma penghasil buah yang dapat dikonsumsi, tempat asal buah ini tidak diketahui sebab telah dibudidayakan sejak lama namun kemungkinan tanaman ini asalnya dari sekitar Teluk Persia. Dalam 100gr kurma segar mengandung energi da Vitamin C sebanyak 230 kcal (960kj). Selain itu buah ini merupakan sumber energi yang kaya akan kandungan vitamin, serat dan mineral.

Mineral dalam buah ini diantaranya yaitu Sulfur, Potassium, fosfor, tembaga, mangan, zink, magnesium, kalsium, dan zat besi. Vitamin yang ada di dalamnya yaitu thiamin, niacin, folate, vitamin K dan vitamin A. Buah kurma tentu memiliki selain kandungan gizi yang banyak manfaatnya juga banyak untuk kesehatan tubuh kita antara lain sebagai berikut :

Menyembuhkan Luka peradangan

Kurma memiliki kandungan magnesium dalam jumlah banyak berperan sebagai anti-inflamasi, selain itu mengandung tanin yang dapat berperan sebagai anti-infeksi, anti-inflamasi dan anti-hemorrhagic (pendarahan). Bagi orang yang sering mengkonsumsi buah kurma dapat menurunkan resiko terkena penyakit yang disebabkan peradangan.

Seperti peradangan pada dinding arteri dapat dicegah dengan mengkonsumsi buah kurma ini, maka dengan tercegahnya kejadian tersebut menyebabkan turunnya resiko terkena penyakit arthritis, alzheimer, jantung dan penyakit yang disebabkan peradangan lainnya.

Baca Juga : Jamblang Untuk Penyembuh Luka

Baik Bagi Ibu Hamil

Buah ini dapat membuat gerakan kontraksi rahim bertambah dan teratur sehingga dapat mempermudah persalinan, kandungan gula dan vitamin B1 membantu mengontrol laju gerak rahim dan menambah masa sistolenya (kontraksi yang terjadi ketika jantung memompa darah ke pembuluh nadi).

Bukan hanya itu kandungan zat besi dan kalsium didalamnya dapat berperan dalam pembentukan air susu ibu (ASI) dan dapat memulihkan tenaga ibu yang terkuras saat proses melahirkan atau menyusui. Zat besi dan kandungan kalsiumnya dapat berperan penting dalam menjaga pertumbuhan bayi terutama pembentukan darah dan tulang sum-sum.

Mengatasi Kulit Kusam

Kulit yang sehat dan bersinar harus terpenuhi asupan nutrisinya setiap hari, ketika kulit kekurangan nutrisi maka akan menyebabkan kulit kusam dan rusak. Buah ini memiliki kandungan vitamin A yang dapat menyingkirkan sel kulit mati atau kering. Vitamin B5 yang disebut dengan Asam Pantotenat dalam buah kurma mampu memperbaiki kulit yang rusak akibat serangan radikal bebas.

Mencegah Kanker

Anti-oksidan didalamnya seperti beta-karoten, lutein dan zea-xanthin dapat melindungi tubuh dari efek radikal bebas sehingga tercegah dari jenis-jenis penyakit kanker seperti kanker abdomen, prostat, payudara, paru-paru, kanker kolon atau jenis penyakit kanker lainnya.

Mencegah Penuaan Dini

Kaya akan kandungan anti-oksidan tentu sangat efektif dalam melawan kerusakan kulit yang diakibatkan radikal bebas. Maka dengan mengkonsumsi buah ini secara teratur dapat menjaga elastisitas kulit sehingga kulit menjadi lebih kencang dan awet muda.

Meningkatkan Kesehatan Saraf

Buah ini memiliki potassium yang bekerja meningkatkan sistem saraf dan meningkatkan kesiagaan atau kecepatan aktivitas otak.

Menjaga Kesehatan Mata

Kurma memiliki Vitamin A yang dapat membantu dalam menjaga kesehatan mata selain itu mencegah dari penyakit mata seperti rabun jauh, rabun dekat atau penyakit mata lainnya.

Menjaga Kesehatan Tulang

Mineral yang banyak terkandung didalamnya baik dalam menjaga kesehatan dan memperkuat tulang, sehingga mencegah penyakit tulang seperti osteoporosis, selain itu kandungan mangan, selenium, tembaga dan magnesium dapat membantu pertumbuhan dan kekuatan tulang.

Penambah Energi

Gula alami seperti glukosa, fruktosa dan sukrosa dalam buah kurma, sangat baik untuk memulihkan energi tubuh dengan cepat.

Menjaga Kesehatan Rambut

Buah kurma merupakan salah satu sumber vitamin yang baik untuk kesehatan rambut, sebab di dalamnya mengandung asam pantotenat yang sangat diperlukan dalam menjaga kesehatannya. Mengkonsumsinya secara teratur masalah rambut bercabang, kering, rontok, rapuh atau masalah kesehatan rambut lainnya dapat teratasi. Vitamin dan mineral didalamnya mampu mensuplay nutrisi untuk kulit kepala dan akar rambut maka tidak heran orang yang rutin mengkonsumsi kurma ini akan memiliki rambut kuat dan sehat.

Sekian informasi yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat dan menjadi penyemangat untuk hidup lebih sehat. Terimakasih bagi yang telah berkunjung dan membacanya.

Sumber : www.bekasluka.infokitasemua.com

1 Trackback / Pingback

  1. JAMBU BIJI PENYEMBUH LUKA | Tanaman Obat Penyembuh Luka

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*