JAMBU BIJI PENYEMBUH LUKA

JAMBU BIJI PENYEMBUH LUKA

JAMBU BIJI PENYEMBUH LUKA-, Jambu biji dikenal dengan Nama Binomial Psidium Guajava merupakan buah yang asalnya dari Brazil kemudian menyebar sampai ke Indonesia melalui Thailand. Bagian kulit buah jambu biji berwarna hijau sedangkan bagian dagingnya berwarna putih atau merah. Buah ini memiliki kandungan Vitamin C dalam jumlah yang sangat banyak, kandungan vitamin c buah ini diketahui 4x lebih banyak dibandingkan jeruk.

Bagian daun buah jambu dapat dijadikan sebagai obat penyembuh luka, hal ini disebabkan oleh beberapa kandungan di dalamnya seperi quercetin sebagai antibakteri dalam mencegah luka dari iritasi, Vitamin K dapat mempercepat proses penyembuhan luka dan pembekuan darah.

Cara penggunaannya hanya dengan mengambil bagian pucuk daun jambu kemudian haluskan dan lumatkan pada bagian tubuh yang terdapat luka, balut menggunakan kain kassa agar daun tersebut tetap nempel pada luka. Selain manfaat untuk menyembuhkan luka tentu buah ini memiliki manfaat lainnya yang tak kalah hebatnya antara lain :

Meningkatkan Kesehatan Kulit

Kandungan Vitamin A, flavonid (likopen, lutein, betakaroten dan kriptosantin) memiliki sifat anti-oksidan didalamnya sehingga dapat meningkatkan kesehatan kulit. Sifat anti-oksidan didalamnya dapat melindungi sel kulit dari kerusakan, memperlambat proses penuaan dan mencegah kulit keriput.

Mengatasi Jerawat

Sifat anti-mikroba dan anti-radang dalam daun buah ini dapat mengobati jerawat dengan cara membunuh bakteri penyebab jerawat, selain itu buahnya memiliki kandungan air yang cukup baik menjaga kelembapan kulit.

Meningkatkan Kesehatan Jantung

Kandungan anti oksidan, kalium dan serat dalam buah ini dapat berpengaruh terhadap kesehatan jantung, kalium berfungsi sebagai pengontrol tekanan darah sedangkan serat berfungsi sebagai pengikat kolesterol yang membahayakan kesehatan jantung.

Baca Juga : Kurma Untuk Luka Radang

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Kandungan Vitamin C dalam jambu lebih besar dibandingkan dengan kandungan jeruk, Vitamin c erat hubungannya meningkatkan kekebalan tubuh sehingga membuat seseorang tahan akan infeksi dan serangan penyakit.

Menurunkan Kadar Gula Darah

Buah ini dapat membantu dalam mengotrol gula dalam darah, cara untuk mendapatkan khasiat tersebut lakukan dengan meminum teh daun jambu biji setiap setelah makan, maka kadar gula dalam darah akan turun dalam waktu 2 jam.

Melancarkan Pencernaan

Kaya akan kandungan serat dalam buah ini, tentunya dapat membuat melancarkan sistem pencernaan, 1 buah jambu  biji dapat memenuhi kebutuhan asupan serat harian tubuh sebanyak 12%. Maka dengan alasan tersebut dapat membantu mencegah sembelit, mengurangi durasi diare dan menjaga kesehatan usus.

Mengoptimalkan Penglihatan

Jambu biji merupakan sumber Vitamin A seperti yang bisa didapatkan pada manfaat wortel, sehingga dikenal sebagai booster kesehatan penglihatan. Manfaat lainnya dapat membantu dalam memperlambat atau mencegah munculnya katarak, degenerasi makula dan kesehatan umum bagi organ mata.

Mengobati Demam dan Batuk

Kandungan Vitamin C yang terkadung di dalamnya dapat mencegah infeksi virus, mengolah bagian daun atau membuat jus jambu berfungsi sebagai pengurai lendir saat batuk. Buah ini juga berfungsi sebagai disinfektan tenggorokan penghambat mikroba pada saluran pernafasan.

Menjaga Saraf dan Otak

Mengkonsumsi buah ini secara teratur anda akan mendapat manfaat terjaganya fungsi saraf dan otak anda. selain itu buah ini bermanfaat sebagai pelancar aliran darah, pemberi asupan gizi dan nutrisi yang dibutuhkan oleh otak dan saraf.  Hal tersebut di karenakan mengandung Vitamin B3 dan Vitamin B6 yang dapat merangsang kinerja otak,

Menyehatkan Rambut

Masalah seperti rambut rontok, bercabang, berketombe, dan masalah lainnya dapat di atasi dengan mengkonsumsi buah jambu ini. Kandungan Vitamin C, B kompleks, A, mangan, magnesium, kalium, serat, flavonoid dan kandungan lain di dalamnya dapat menyehatkan rambut.

Kesimpulannya buah jambu biji ini banyak sekali manfaatnya bagi kesehatan maka dari itu ayo kita sering mengkonsumsi buah agar tubuh kita sehat dan terhindar dari penyakit yang berbahaya bagi tubuh. Demikian informasi yang dapat saya berikan, semoga bermanfaat dan menjadi solusi hidup sehat anda. Terimakasih !

Baca Juga : www.bekasluka.infokitasemua.com

1 Trackback / Pingback

  1. Mahkota Dewa Untuk Luka | Pengobatan Luka Dengan Tanaman Obat

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*